RSS

Teh Rosela untuk Sel Tumor dan Teh Hijau untuk Jantung

30 Mar

Teh hijau semakin marak muncul dipasaran dengan berbagai bentuk seperti bubble green tea, teh hijau herbal, teh hijau madu ataupun teh hijau susu. Tapi berapa sih takaran teh hijau yang harus kita minum biar jantung tetap sehat? Para ahli menyarankan 3-4 gelas teh hijau per hari tanpa ditambah gula atau susu.

Sebenarnya, senyawa polifenol yaitu catechin-lah yang memegang peranan besar untuk kesehatan jantung, terutama zat antioksidan yang disebut EGCG atau epigallocatechin gallate serta dengan adanya zat lain dalam teh yaitu theaflavin dan thearubigin yang berperan menurunkan total kolesterol, kolesterol bebas, lemak total, dan trigliserida dalam plasma darah dan hati, serta mencegah penyumbatan pembuluh darah sehingga efektif mencegah timbulnya penyakit jantung. EGCG merupakan antioksidan kuat 100x lebih tinggi daripada vitamin C dan 25x lebih tinggi daripada vitamin E. Berikut ini adalah Tabel kandungan senyawa polifenol dalam teh hijau dan teh hitam.

Tabel 1. Kandungan Senyawa Polifenol dalam Teh Hijau dan Teh Hitam

Komponen Teh Hijau (mg %) Teh Hitam (mg %)
Catechins 210 63
Flavonol 14 21
Thearubigins 0 28
Kafein 45 50
Senyawa lain 266 273

Sumber : International Symposium on Health and Tea, 1998

Penderita penyakit jantung di Cina lebih rendah 80% dibanding dengan negara berkembang lain karena konsumsi teh hijau di negeri ini relatif tinggi sehingga menghasilkan penurunan resiko terserang penyakit jantung. Menurut studi Zutphen dari Belanda, asupan flavonoid dari teh 61%, dari sayuran 10%, dan dari bauh-buahan 13% berbanding terbalik dengan tingkat kematian akibat penyakit jantung dan stroke. Sedangkan sebuah studi di Jepang melaporkan bahwa catechin pada teh hijau membunuh Heliobacter pylori yaitu bakteri pemicu kanker lambung. Lebih jauh lagi, teh hijau diketahui mempunyai potensi sebagai termogenesis sehingga mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak yang berimplikasi pada penurunan berat badan. Khasiat lain mengkonsumsi teh hijau adalah sebagai antimikroba, menurunkan kadar gula darah dan menekan aktivitas zat pencetus kanker.

Selain teh hijau yang nge-booming karena khasiatnya yang menyehatkan, belum lama ini tanaman Rosela atau Hibiscus sabdariffa L. menjadi sorotan karena khasiatnya yang menakjubkan. Berasal dari daerah Afrika Barat dan merupakan tanaman daerah tropis, dikenal dengan berbagai nama diantaranya rosella fruit (Australia), asam paya (Malaysia), krajaeb (Thailand) dan bissap (Senegal). Di Mexico, bunga rosela kering biasa diminum dengan cara diseduh 8-10 menit dengan air panas dan ditambah gula, dikenal sebagai teh herbal. Namun di Jamaica, seduhan rosela dicampur dengan jahe dan rum, sedangkan di Senegal, teh rosela menjadi suguhan di acara amal dan disajikan dingin dicampur dengan daun mint, menthol dan sari buah.

Selain dibuat teh, rosela digunakan sebagai bahan perasa dan pewarna pada puding dan ice cream, dibuat sirup, selai, jus, dan jeli. Rosela kaya akan zat-zat phytochemical yaitu, antosianin, protocatechuic acid (PCA), flavonoid (gossypetin, hibiscetine, dan sabdaretine) dan pigmen pada rosela yang disebut hibiscin. Zat-zat inilah yang membedakan rosela dengan teh (Camellia sinensis) selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Menurut hasil penelitian, pertumbuhan sel-sel tumor dapat berkurang dengan adanya zat PCA dalam rosela. Khasiat menyehatkan dapat diperoleh dengan minum 3 gelas (@ 150 cc) teh rosela per hari karena kandungan zat gizi dan asam amino-nya yang cukup lengkap, sedangkan disarankan minum 5 gelas per hari untuk mendapat khasiat menurunkan tekanan darah, mengurangi batuk, meningkatkan stamina, mempermudah buang air besar, mencegah arterosklerosis, meningkatkan stamina, anti kejang, antiseptik usus, membunuh bakteri penyebab TBC, mencegah serangan jantung, mengobati cacingan dan mengurangi kecanduan alkohol serta narkoba. Adapun kandungan nutrisi pada Rosela Segar dapat dilihat pada Tabel 2 dan Tabel 3.

Tabel 2. Kandungan Nutrisi Rosela Segar per 100 g bagian yang dapat dimakan

Zat Gizi Per 100 g bagian yang dapat dimakan
Air 9.2 g
Protein 1.145 g
Lemak 2.61 g
Serat 12.0 g
Abu 6.90 g
Kalsium 1,263 mg
Fosfor 273.2 mg
Besi 8.98 mg
Karoten 0.029 mg
Tiamin 0.117 mg
Riboflavin 0.277 mg
Niasin 3.765 mg
Asam Askorbat 6.7 mg

Tabel 3. Kandungan Asam-asam Amino pada Rosela Segar

Asam Amino Kandungan (berbasis N=16p. 100)
Arginin 3.6
Sistin 1.3
Histidin 1.5
Isoleusin 3.0
Leusin 5.0
Lisin 3.9
Metionin 1.0
Fenilalanin 3.2
Treonin 3.0
Triptofan
Tirosin 2.2
Valin 3.8
Asam Aspartam 16.3
Asam Glutamat 7.2
Alanin 3.7
Glisin 3.8
Prolin 5.6
Serin 3.5

Melihat kandungan teh hijau dan rosela yang menakjubkan tidak ada salahnya jika mengkonsumsi keduanya karena masing-masing selain memiliki zat antioksidan berbeda juga mengandung nutrisi yang dapat saling melengkapi. Selamat mencoba.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2008. Potensi Teh Sebagai Sumber Zat Gizi dan Perannya dalam Kesehatan. Jel Soft Enterprises, Ltd.

Anonymous. 2006. Catechin. Wikipedia Free Encyclopedia. GNU Free Documentation License. Wikimedia Foundation, Inc.

Anonymous. 2009. Roselle (plant). Wikipedia Free Encyclopedia. GNU Free Documentation License. Wikimedia Foundation, Inc.

Anonymous. 2009. Roselle Tea. http://www.dechacare.com.

Morton, J. 1987. Roselle. p. 281–286. In: Fruits of warm climates. Julia F. Morton, Miami, FL.

Paajanen, Terri. 2001. Green Tea for Breast Cancer. The New York Times Company, Inc.

 
2 Comments

Posted by on March 30, 2011 in Pangan

 

2 responses to “Teh Rosela untuk Sel Tumor dan Teh Hijau untuk Jantung

  1. abe _ukm ash sholihin

    October 29, 2011 at 12:31 am

    numpang pasang artikelnya is great …

     
  2. Puspa Mega H.

    May 4, 2012 at 2:30 am

    silahkan

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: