RSS

Teluk Kiluan…Tak Sekedar Dolphin

02 Jan

Jarak yang ditempuh sekitar 80 km, kira-kira 3 jam dari Bandar Lampung, tepatnya di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, harusnya bisa lebih cepat kalau semua jalan mulus…Kiluan, begitu santer terdengar 3 tahun belakangan ini, sampai teman sekantor dulu tahun 2013 mengunggah fotonya di fb, barulah saya tergerak mencari tahu..dan setelah browsing jadi pengen banget ke sana as soon as possible.

Daaan..saya ke sana berdua aja dengan suami tercinte (cieee..). Trip kali ini tidak mengajak anak-anak karena menurut hasil browsing, medan yang akan dilalui agak berat. Sampai di Teluk Kiluan sudah pk. 08.30, tampaknya sudah kesiangan kalau mau ikut tour dolphin alias mau ngeliat lumba-lumba langsung di laut, alami dong, bukan penangkaran..kami akhirnya ngambil paket lengkap tour yang ditawarkan, yaitu dolphin tour, ke pulau kelapa (bisa snorkeling) dan ke laguna (berenang). Biaya total 620.000, ini sudah termasuk biaya parkir mobil di pinggir pantai.

image

Petualangan pertama dimulai..saya dan suami naik kapal kecil yang digerakkan dengan motor dan hanya muat untuk 2 orang, pas! Perahunya dikemudikan oleh 1 orang sekalian guide kami untuk dolphin tour dan tour ke pulau kelapa.

Selama perjalanan mencari lumba-lumba ada beberapa ikan terbang dan burung yang hinggap di ombak laut yang kami temui..setelah 1,5 jam sampailah kami di tengah perairan lepas. Ada rasa ngeri juga bila memikirkan kami berada di tengah-tengah laut dengan peralatan seadanya, but it’s amazing to be there. Tapi lumba-lumba yang kami cari tak kunjung muncul, ternyata lumba-lumba punya waktu tersendiri untuk bermain di laut yaitu pagi hari, menurut guide kami waktu yang baik untuk melihat lumba-lumba adalah sekitar jam 6-7 pagi, itu juga kalau lagi beruntung, artinya tidak setiap hari bisa melihat lumba-lumba berloncatan secara alami, mm..atraksi yang menarik tampaknya. Total waktu tempuh pp untuk melihat atraksi lumba-lumba adalah 3 jam. Gambar dolphin di bawah ini saya adaptasi dari http://www.indonesia.travel :

www.indonesia.travel
image

image

Gak jauh dari spot ini, biasanya lumba-lumba bermunculan. Pulau-pulau kecil mengiringi perjalanan kami menuju pulau kelapa.

image

Sehabis tour dolphin kami meneruskan perjalanan ke pulau kelapa, sesampainya di pulau, sudah tengah hari, di sana bisa ber-snorkeling ria atau sekedar berenang dan susur pulau. Pantainya indah niaaaan..pasir putih yang bak tepung, halus jika dipijak dan pemandangan sekitar pulau yang luar biasa, membuat kami betah berlama-lama di pulau ini. Setelah menemukan spot terbaik untuk berfoto, kami merasa cukup untuk meneruskan perjalanan ke tempat terakhir yaitu laguna. yang kalau di browsing diinternet, indah sekali. Oya, di pulau kelapa ini ada penginapan dan sudah ada listriknya, karena tahun baru sudah dekat, penginapan sudah penuh di booking para penikmat pergantian tahun. Kebanyakan diisi oleh anak muda dan dibooking untuk acara kantor.

Pulau kelapa
image

image

image

Setelah puas menikmati keindahan alam di pulau kelapa, kami kembali ke pinggiran pantai semula untuk menjemput guide khusus untuk tour ke laguna. Ternyata perjalanan dari pinggir pantai ke lokasi laguna cuma sebentar, seingatku hanya 15 menit, lalu perahu merapat dan perjalanan ke laguna dilanjutkan dengan berjalan kaki. Menurut guide kami, laguna berada dibalik gunung yang berada di depan kami saat perahu merapat, jalannya menanjak dan menurun. Daaan ternyata, untuk mencapai bibir pantai tempat laguna berada, kami harus mendaki dan menuruni gunung beneran! seperti track mapak alam. Untuk orang yang gak pernah olahraga seperti saya, medan ini gak ringan, tp akhirnya sampai juga, daaaan la plage est très belle ! Seperti dilukisan..subhanallah..

image

image

Naah baru deh tracking bebatuan di mulai untuk mencapai laguna…kami harus melewati jalan bebatuan yang diselingi ombak laut, terkadang ada jembatan yang terbuat dari jalinan batang pohon, sangat sederhana, dan ada bebatuan licin juga tajam sehingga harus ekstra hati-hati melewati track ini, namun rasa penat yang mendera terbayar lunas dengan pemandangan yang kami lihat selama perjalanan menuju laguna.

image

image

image

image

Ini si pemandu cilik kami, Usep namanya beum lama tamat pendidikan menengah atas dan dia berjalan seolah-olah bebatuan ini berkontur rata, mungkin karena sudah terbiasa. Naah ini salah satu spot untuk berfoto diantara bebatuan..

image

image

image

image

image

image

Laguna nan indah sekali, keletihan hilang seketika..
image

image

image

image

Letak laguna yang dikelilingi gugus pegunungan, membuatnya tampak lebih istimewa.

image

image

image

image

Ada juga fenomena sebuah cekungan bebatuan yang akan terisi air laut dan memuntahkannya seperti ombak dan berbuih..ciamik sekali

image

image

image

image

image

image
image

Hal ini terjadi berkali-kali, surut-meluap-surut-meluap, ruaaarr biasssaaa, subhanallah..

image

Dipenghujung perjalanan ku sempatkan menikmati keindahan yang tidak ada habisnya ini…
image

Oya, untuk mengunjungi teluk kiluan ini, bisa menghubungi Usep yang memanduku dulu di 085369857006.

Salam,

Puspa Mega Hayati, ST

“for many marvelous things happened in my life”

 
Leave a comment

Posted by on January 2, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: